our blog is about :
May
2013
13
The New Divren, is about Good To Great

3cd4108c91be3995f12394078c34120b.jpg

Ada banyak pelajaran yang saya dapat bersama tim Divren ketika kami launching The New Divren. Namun jika boleh saya meringkasnya, saat ini adalah permulaan Divren menapak ke level baru, good to great.

Sebelumnya, Divren menapak dari average to good dengan menggali lebih dalam soal desain. Simplicity membingkai langkah kami. Simplicity yang saya pelajari sekitar 2-3 tahun lalu dari 37Signals dan kemudian membawa saya untuk menjadi penggemar Apple, benar-benar membawa inspirasi yang dalam untuk sebuah inovasi. Dari yang sebelumnya saya berpikir desain adalah sebuah bentuk menjadi berpikir bahwa desain juga adalah sebuah fungsi. Every great product start with design.

Apr
2013
29
Era SEO Sudah Selesai, Saatnya Era Content Design

Dulu SEO adalah raja di era 90-an akhir sampai 2000-an. Memasuki 2010-an, SEO menjadi makin usang.

Sebenarnya inti dari SEO adalah keywords. SEO dipakai untuk men-drive traffic. SEO makin berkembang pada masa kejayaan Google Adsense. Blackhat SEO mulai bertebaran pada saat itu. Pemain-pemain SEO menjadi sangat agresif untuk menduduki ranking awal pada pencarian google. Estetika konten tidak diperhatikan. Mereka menulis untuk mesin, bukan untuk orang.

Dan pada akhirnya Google pun bertindak. Google Pinguin dan Google Panda, algoritma baru dari Google menghajar situs-situs yang dianggap spam. Pemain-pemain SEO menangis karena tiba-tiba situsnya di black list oleh kekasih mereka, Google. Dan kita pun tidak pernah tahu kapan lagi Google akan mengupdate algoritmanya.

Aug
2012
7
Divren Sekarang Punya Server Eksklusif (Dedicated Server)

Semua shared hosting tidak ada yang beres. Itulah yang kami rasakan.

Kami mempunyai pengalaman dengan beberapa provider server hosting di Indonesia. Dari yang satu kota dengan kami, Yogyakarta, sampai yang beda kota. Biasanya awalnya layanan mereka baik. Sampai pada akhirnya pelanggan mereka bertambah besar dan membuat layanan maupun kualitas server hosting mereka memburuk.

Masalahnya macam-macam. Dari yang server sering down, IP address di blok dan keamanan server yang tidak mumpuni sehingga website klien kami di hack orang.

Oleh karena itu kami memutuskan mengeluarkan investasi untuk pembelian dedicated server. Server ini eksklusif milik kami, tidak dibagi (shared) dengan yang lain.

Server Eksklusif Divren tidak terbuka untuk umum. Kami tidak menjualnya pada publik. Server Eksklusif Divren hanya digunakan oleh klien kami. Selain klien, kami tidak mengijinkannya.

Hal di atas kami lakukan karena kami ingin punya kontrol penuh pada server dimana kami tidak mendapatkannya pada shared hosting.

Kami juga memutuskan untuk tidak membukanya pada publik dengan mengkomersialkan server eksklusif Divren, itu akan mengurangi kontrol kami karena bukan kami yang membuat script website yang terpasang pada server. Ini cukup membahayakan karena kami tidak tahu dampak dari script website yang dibuat oleh orang lain, yang tentu saja membuka potensi untuk terbukanya keamanan jaringan.

Dengan Server Eksklusif Divren, keamanan website klien kami sekarang jauh lebih terjamin.

Jun
2012
28
3 Masalah Utama Shared Hosting

“Shared hosting”, artinya kita berbagi space dengan banyak user. Tidak tanggung-tanggung, dalam satu hosting kita bisa berbagi dengan ratusan user lain.

Nah yang menjadi masalah adalah ketika tetangga kita yang masih satu hostingan dengan kita ketahuan melakukan (misalnya) spam, maka ia akan di black list oleh jaringan. Ini menyebabkan website spammer tersebut tidak bisa di akses. Celakanya adalah tetangganya yang tidak tahu apa-apa ikut kena dampak dari black list tersebut karena ia satu hosting dengan si spammer.

Website-website yang berada dalam satu blok hosting dengan website yang di black list, semuanya ikut ter-black list. Tidak perduli jumlahnya berapa, apakah puluhan atau ratusan website dalam satu blok hosting, hanya dibutuhkan satu pengacau saja untuk membuat website yang lainnya kacau.Jadi dapat dikatakan bahwa kehidupan website seorang user tergantung pada kehidupan website tetangganya.

Pada akhirnya, saya mencatat ada tiga masalah utama ketika kita menggunakan shared hosting akibat dari penggunaan keroyokan dari satu blok server hosting :

  1. IP address di blok
  2. Keamanan website lebih terbuka sehingga lebih rawan terkena hacking
  3. Server down
Dec
2011
10
Bagaimana Cara Meningkatkan Conversion Rate Toko Online Yang Sedang Turun?

Sebuah survey oleh IMRG (Interactive Media in Retail Group) baru-baru ini mengatakan bahwa di Inggris, conversion rate menurun cukup signikan dalam 5 tahun terakhir yaitu sebesar 55%. Di tahun 2006, converstion rate rata-rata adalah 8,4%. Dan tahun ini, conversion rate turun sampai 3,8%.

Namun kabar diatas bukanlah sebuah kabar buruk, karena penurunan conversion rate diimbangi oleh kenaikan penjualan online secara signifikan. Oleh karenanya, bisnis online tetap terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Namun begitu, hal diatas tetap menjadi sebuah pertanyaan, “Apa alasan yang menyebabkan conversion rate turun?”. Alasan utamanya adalah konsumen semakin tertarik untuk melakukan riset kecil sebelum melakukan keputusan pembelian daripada langsung menuju ke sebuah website untuk membeli. Apalagi dengan booming sosial media, konsumen makin mudah dan senang melakukan pembandingan produk. Itulah alasan kenapa konsumen tidak langsung melakukan pembelian ketika berkunjung pada sebuah website. Dan tentu saja ini mempengaruhi conversion rate suatu website.

Nov
2011
15
9 Hal Dasar Mengenai Sosial Media

social media dalam marketing

Tidak ada jawaban tepat dalam social media, masing-masing perusahaan berbeda dalam penggunaannya. Meskipun masing-masing titik dalam social media dapat disesuaikan pada setiap perusahaan.

Menghabiskan lebih banyak anggaran iklan konvensional pada customer service
Begitu banyak masalah bisa dihindari jika perusahaan secara proaktif memperlakukan pelanggan sebagaimana mestinya. Saat ini dalam ranah social media, word of mouth telah berjalan jauh dan berada diatas meninggalkan model percakapan fisik secara langsung, dan benar-benar dapat mempengaruhi konsumen di seluruh dunia. Dengan melengkapi produk anda dengan dukungan yang sangat baik dan pengalaman yang menyenangkan, Anda akan menciptakan pendukung merek yang akan membantu, daripada menyakiti Anda. Bayangkan jika perusahaan-perusahaan besar mengurangi beberapa iklan TV yang berbiaya sangat besar dan mereka benar-benar keluar untuk membantu pelanggan. Ini tampak seperti ‘hal yang tidak masuk akal’, tapi menjadi luar biasa saat melihat begitu banyak perusahaan yang terus memperlakukan pelanggan mereka dengan buruk, lalu mencoba untuk memperbaikinya dengan menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan. Dalam laporan McKinsey, 67% dari penjualan konsumen secara langsung dipengaruhi oleh WOM (PDF), dan bentuk terbaik dari sebuah reputasi manajemen adalah saat manajemen tidak membutuhkan pengelolaan reputasi sama sekali. Perlakukan pelanggan Anda dengan benar, dan Anda akan melihat hasilnya di social media dan garis bawah Anda.

Oct
2011
8
Membongkar Mitos SEO

Seperti dalam bisnis, tidak ada hal yang konstan dan absolut dalam SEO. Tetapi dengan pengetahuan, Anda dapat menyingkirkan mitos-mitos tentang SEO sehingga dapat terhindar dari sia-sianya waktu dan tenaga Anda.

Mitos tentang SEO yang mungkin paling merusak adalah jaminan kesuksesan. Ingatlah hal ini: SEO merupakan target bergerak dan target dengan jangka waktu tertentu, “jaminan” kesuksesan pada sebuah metode SEO telah terbukti tidak efektif. SEO dari tahun ke tahun terus berubah, malahan hitungannya makin sempit tidak cuma hitungan tahun tapi hitungan bulan.

Sep
2011
18
Di Awal, Tidak Ada Website Yang Sempurna

Website yang baik, bagus, benar, atau dengan kata lain website yang sempurna adalah sebuah proses dari pra pembuatan website, perencanaan, ekskusi sampai dengan maintanance sebuah website. Satu hal yang perlu disadari, website tidak bisa sempurna di awal.

Website yang kami bangun, kami ingin sekali segera memperlihatkannya kepada orang-orang. Yang membuatnya menjadi tertunda adalah alasan bahwa website masih kurang ini dan itu. Fitur yang tidak penting sering kali menjadi pertimbangan sehingga sebuah website menjadi tertunda waktu launchingnya.

Blog Divren yang barusan kami buat, selesai hanya dalam waktu 1 minggu. Anda dapat lihat blog ini, tidak ada fitur-fitur yang membuat weblog ini menjadi kompleks sehingga website ini dapat selesai dalam waktu singkat. Kami fokus pada hal-hal yang esensi dahulu, hal yang sekunder dan tambahan diurus belakangan. Jika Anda lihat blognya Divren yang baru ini, Anda akan lihat sebuah blog yang sederhana sekali namun sangat fokus pada konten. Dan itulah esensi sebuah blog, fokus pada konten.

Blog ini tidak dilengkapi dengan widget artikel terbaru, popular post & archive post. Tidak ada banner ads maupun link ke situs-situs website lainnya. Hanya ada 1 widget, twitter update. Hal-hal itu mungkin perlu dan malahan penting, tapi itu bukan hal yang esensi. Fitur yang paling esensi adalah artikel. Blog ini dapat hidup tanpa widget-widget, tapi blog ini tidak dapat hidup tanpa artikel.

Begitu juga dengan jumlah artikel. Blog ini dimulai hanya dengan 3 artikel saja. Pada awalnya kami memutuskan untuk setidaknya ada 10 artikel baru kemudian blog dipublikasikan. Tapi kami kira hal ini kurang tepat dan terlalu lama. Desain blog sudah cukup baik, 3 artikel pun sudah cukup baik. ‘Cukup baik’ sudah cukup di awal. Kita tidak butuh sempurna di permulaan.