our blog is about :
November
2011
15
9 Hal Dasar Mengenai Sosial Media

social media dalam marketing

Tidak ada jawaban tepat dalam social media, masing-masing perusahaan berbeda dalam penggunaannya. Meskipun masing-masing titik dalam social media dapat disesuaikan pada setiap perusahaan.

Menghabiskan lebih banyak anggaran iklan konvensional pada customer service
Begitu banyak masalah bisa dihindari jika perusahaan secara proaktif memperlakukan pelanggan sebagaimana mestinya. Saat ini dalam ranah social media, word of mouth telah berjalan jauh dan berada diatas meninggalkan model percakapan fisik secara langsung, dan benar-benar dapat mempengaruhi konsumen di seluruh dunia. Dengan melengkapi produk anda dengan dukungan yang sangat baik dan pengalaman yang menyenangkan, Anda akan menciptakan pendukung merek yang akan membantu, daripada menyakiti Anda. Bayangkan jika perusahaan-perusahaan besar mengurangi beberapa iklan TV yang berbiaya sangat besar dan mereka benar-benar keluar untuk membantu pelanggan. Ini tampak seperti ‘hal yang tidak masuk akal’, tapi menjadi luar biasa saat melihat begitu banyak perusahaan yang terus memperlakukan pelanggan mereka dengan buruk, lalu mencoba untuk memperbaikinya dengan menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan. Dalam laporan McKinsey, 67% dari penjualan konsumen secara langsung dipengaruhi oleh WOM (PDF), dan bentuk terbaik dari sebuah reputasi manajemen adalah saat manajemen tidak membutuhkan pengelolaan reputasi sama sekali. Perlakukan pelanggan Anda dengan benar, dan Anda akan melihat hasilnya di social media dan garis bawah Anda.

Menciptakan strategi social media dan bukan hanya ikut-ikutan saja
Masalah pada kebanyakan perusahaan adalah kurangnya strategi social media dan mereka terlibat karena berpikir bahwa mereka harus.Duduklah dan susun daftar target kemudian bekerjalah untuk menemukan strategi yang akan bekerja untuk mencapainya, Jangan cuma nge-tweet hanya karena Anda mendengarnya di MetroTV, jangan membuat Facebook Page karena kompetitor Anda melakukannya. Datanglah dengan daftar tujuan dan strategi untuk mencapainya. Taktik dan strategi adalah krusial dalam social media, seperti yang dikatakan Sun Tzu, “Strategi tanpa taktik adalah rute paling lambat untuk mencapai kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara sebelum kekalahan”.

Pelatihan dan pendidikan pekerja
Baru-baru ini, akibat kurangnya pengetahuan para individu yang bekerja atas nama sebuah perusahaan maka terjadilah sebuah kebocoran. Kebijakan harus ditetapkan untuk memastikan bahwa para pekerja tidak melanggar persyaratan penggunaan, bertindak secara tidak tepat, memberikan informasi yang tidak akurat atau beberapa dilema lain yang akan datang. Selain itu, siapa pun yang diperbolehkan untuk berbicara atas nama perusahaan harus memiliki pemahaman tentang jejaring perusahaan, bagaimana mereka bekerja dan strategi perusahaan secara keseluruhan. Jika dilaksanakan dengan buruk, sosial media memiliki kekuatan untuk menyakiti sebuah merek, dan pengetahuan merupakan faktor fundamental yang dapat mencegah masalah ini.

Pelacakan yang lebih baik
Salah satu aspek yang paling sulit pada Social media Marketing adalah melacak percakapan yang sedang terjadi ‘secara liar’. “Riset dan mencari solusi yang akan membantu Anda dan perusahaan Anda mencapai tujuan social media. Ada sejumlah sistem pelacakan yang baik di pasar, triknya adalah untuk test drive mereka dan melihat apa yang akan bekerja untuk Anda. Selain pelacakan ‘mention’, pelacakan kata kunci yang melebar dan menarik pelanggan yang mencari bantuan dapat menjadi bagian yang sangat menguntungkan dari Social media Marketing. Ketika mencari tools, orang-orang yang memungkinkan pengarsipan dan pengeksporan data adalah sesuatu yang dapat sangat membantu ketika Anda membuat penyebab internal dalam social media.

Luangkan waktu untuk tampilan Anda yang terbaik
Gunakan profil social media sebagai perluasan dari merek Anda dan situs web Anda. Meluangkan waktu untuk merubah background twitter Anda atau membuat tambahan tabs Facebook yang mendukung inisiatif pemasaran Anda saat ini. Hanya karena profile Anda tidak berada di situw web Anda, itu bukan berarti bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuatnya tampil lebih bagus.

Iklankan profil social media Anda
Salah satu hal yang paling berat untuk dijadikan pembenaran dalam internet marketing adalah menghabiskan uang tanpa dapat mengirimkan pengunjung ke web anda. Sama seperti berinvestasi dalam desain dan development profil social, Anda harus mengendalikan budget untuk iklan di situs social media juga. Sebagai contoh, halaman iklan Facebook adalah cara cepat dan mudah untuk membiarkan user tertarget mengetahui bahwa Anda berpartisipasi dalam percakapan. Meskipun Anda mungkin dapat memanfaatkan situs Anda untuk mendapatkan beberapa fans setia (lihat di atas), membelanjakan uang untuk pemaparan terhadap target audience dapat jauh lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

Berikan orang-orang alasan untuk bergabung
‘Jika Anda membuatnya, mereka akan datang’ tidak bekerja pada social media, atau dunia online pada umumnya. Anda harus memberikan orang alasan untuk mengikuti Anda dan menjadi seorang fans. Apakah itu undian, breaking news, hadiah, penjualan atau perusahaan update perusahaan, Anda harus menawarkan orang sesuatu yang bermanfaat sebagai imbalan atas kesetiaan mereka
Berikan reward fans Anda sesuatu yang eksklusif
Dengan menawarkan sesuatu yang eksklusif untuk audiens social media Anda, Anda dapat “menunjukkan nilai” dan membuat mereka merasa senang dengan mengikuti Anda pada social media. Mereka tidak hanya akan mendapatkan sesuatu yang eksklusif, mereka juga mendapatkan perasaan bahwa mereka mendapatkan hubungan spesial yang tidak dimiliki semua orang.

Jangan abaikan situs Anda
Sementara semua poin diatas berbicara tentang taktik situs social media, salah satu hal terpenting yang harus diingat adalah Anda dapat ‘menjadi sosial’ pada situs Anda. Hal-hal seperti blog dan forum adalah social media yang orisinil, jadi pastikan untuk merawat dan membuat konten yang baik yang akan memberikan performa yang baik di social media. Pada akhirnya, situs Anda adalah tools utama penjualan online Anda, maka perhatikanlah hal itu! Sementara aplikasi berusaha menggandeng social media seperti Facebook Connect atau Digg atau Twitter’s API untuk memanfaatkan benefit dari situs ini pada Anda.