our blog is about :
December
2011
10
Bagaimana Cara Meningkatkan Conversion Rate Toko Online Yang Sedang Turun?

Sebuah survey oleh IMRG (Interactive Media in Retail Group) baru-baru ini mengatakan bahwa di Inggris, conversion rate menurun cukup signikan dalam 5 tahun terakhir yaitu sebesar 55%. Di tahun 2006, converstion rate rata-rata adalah 8,4%. Dan tahun ini, conversion rate turun sampai 3,8%.

Namun kabar diatas bukanlah sebuah kabar buruk, karena penurunan conversion rate diimbangi oleh kenaikan penjualan online secara signifikan. Oleh karenanya, bisnis online tetap terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Namun begitu, hal diatas tetap menjadi sebuah pertanyaan, “Apa alasan yang menyebabkan conversion rate turun?”. Alasan utamanya adalah konsumen semakin tertarik untuk melakukan riset kecil sebelum melakukan keputusan pembelian daripada langsung menuju ke sebuah website untuk membeli. Apalagi dengan booming sosial media, konsumen makin mudah dan senang melakukan pembandingan produk. Itulah alasan kenapa konsumen tidak langsung melakukan pembelian ketika berkunjung pada sebuah website. Dan tentu saja ini mempengaruhi conversion rate suatu website.

Namun ada beberapa opsi yang dapat Anda lakukan jika Anda berjualan online menggunakan website untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan secara signifikan converstion rate website Anda :
Customer Service
Layanan seperti chat, email support, telepon dan BBM (Blackberry Messenger) adalah contoh dari customer service yang sangat mempunyai nilai di mata konsumen. Masalah sebuah toko online biasanya adalah tidak adanya tempat bertanya yang jelas bagi konsumen kepada toko online yang dikunjungi. Bantu pengunjung toko online atau website Anda untuk menemukan apa yang mereka cari. Lakukan dengan sedikit agresif namun jangan terlalu agresif sehingga terkesan memaksa. Tugas customer service adalah untuk membantu menemukan apa yang pengunjung inginkan.

Product Views
Perbaiki kualitas foto Anda. Tambahkan view-viewnya. Jika awalnya hanya foto tampak depan saja, tambahkan foto tampak samping dan belakang. Ungkapkan produk Anda dalam view foto yang lebih detail.

Label
Tunjukkan kelebihan Anda. Jika produk Anda punya garansi, tunjukkan. Jika produk Anda sedang diskon, tunjukkan. Atau jika produk Anda memenangkan beberapa penghargaan, tunjukkan juga hal tersebut. Buat label yang bagus dan menarik, kemudian tempatkan pada posisi yang mencolok mata.